Tuesday, February 11, 2014

Sudahkah mengerjakan SKRIPSI hari ini




Mengapa menyusun Skripsi itu susah? Susah? emang benar sich.

Skripsi bukan akhir dari segalanya, tapi mau ga mau untuk mahasiswa S1 pada umumnya, skripsi harus dilewati. Skripsi adalah matakuliah wajib, bukan matakuliah pilihan bebas. Pas kuliah: tahun pertama kuliah ga mikir skripsi, tahun kedua ga terlalu kepikiran, tahun ketiga mulai persiapan, tahun keempat kalang kabut. Kalau lebih dari empat tahun, berarti sudah memasuki fase galau,  gelisah, dan stres skripsi. Kelewat stres sampai menggunakan berbagai cara gimana caranya biar segera selesai.

Sebenarnya sih tergantung bagaimana kita bisa mengembangkan fikiran kita untuk membuat Skripsi,, jangan terlalu difikir serius, malah nantinya bikin stres. Kalau menurut saya Skrisi itu susahnya pas Sidang-nya aja ,, kalau pas buat laporan/tertulisnya harusnya sih gampang ya?? hehehe

Jadi buat para Mahasiswa/i (S1) jangan nganggep Skripsi tu susah ya,, biar kalian gak terlalu pusing dan stres dalam membuat Skripsi, PeDe aja ama yang kamu buat, kalau gagal/ditolak skripsi-nya, biar bisa cepet-cepet cari pemikiran baru, jadi jangan terlalu berputar-putar di otak ya Skripsinya.

Jadi sesungguhnya menyusun skripsi itu sebuah rangkaian kegiatan menulis dan membaca. Maka trik pertama yang memudahkan tentu adalah RAJIN MEMBACA. Bagaimana kalau anda mengatakan “ah saya paling malas membaca? Kalau ini pertanyaannya maka anda harus instrospeksi diri lebih mendalam “mengapa dulu ingin kuliah dan ingin jadi sarjana?” Kalau anda malas membaca harusnya tidak usah kuliah, langsung saja jadi praktisi dan bekerja setelah lulus sekolah menengah. Hal yang membedakan sarjana dan bukan sarjana adalah kegiatan baca-tulis ini. Seorang sarjana diharapkan akan menularkan ilmunya kepada orang lain melalui (salah satunya) kegiatan baca-tulis ini.

Menyusun skripsi itu itu adalah kegiatan menguraikan ide kita dalam bentuk tulisan yang harus memenuhi kaedah ilmiah, maka trik yang kedua adalah MEMPELAJARI TATA BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR dengan sungguh-sungguh. Bila kita tidak mengerti kaedah tata bahasa Indonesia yang baik dan benar bagaimana kita akan menuliskan gagasan kita secara ilmiah, sistimatis dan logis. Tulisan yang tidak sistimatis akan membuat pembaca bingung menemukan pokok pikiran anda. Menemukan pokok pikiran dalam tulisan yang tidak sistimatis bagaikan mencari sehelai baju di lemari yang penuh sesak dan acak-acakan, bikin pusing dan memakan waktu lama. Cari lagi buku-buku bahasa Indonesia di bangku SMP dan SMA dan bacalah secara seksama yang dijelaskan dalam buku tersebut. Sekarangpun untuk mencari istilah yang sesuai kaedah bahasa juga tidak susah hanya tinggal googling situs http://kamusbahasaindonesia.org , istilah yang kita tulis akan langsung diketahui maknanya apakah sesuai dengan yang kita maksud.

Kemudian barulah kita MENGAMATI DAN MEMIKIRKAN MASALAH YANG AKAN DITELITI. Banyak sekali masalah menarik di sekeliling kita yang sesuai bidang ilmu yang kita tekuni, tidak usah berpikir terlalu ideal cukup amati masalah seputar kita saja agar nanti lebih mudah diteliti. Jangan lupa MENCATAT DALAM NOTES KECIL SETIAP GAGASAN YANG TERLINTAS DALAM PIKIRAN.

Setelah menemukan gagasan PILIH DUA ATAU TIGA GAGASAN PALING MENARIK dan bicarakan dengan dosen pembimbing. Setelah mendapatkan yang paling sesuai MULAILAH BERBURU BUKU-BUKU.

CATAT SETIAP ISTILAH DAN KETERANGAN YANG TERKAIT DENGAN GAGASAN PENELITIAN LENGKAP DENGAN SUMBER BACAAN DALAM NOTES KECIL.

Selain kepustakaan yang terkait dengan landasan teori JANGAN LUPA PULA MEMBACA DAN MEMPELAJARI LAGI METODOLOGI PENELITIAN DAN CATAT METODE YANG AKAN ANDA PILIH agar tidak bolak-balik mengulang-ulang membaca hal yang sama karena faktor lupa.

Setelah selesai mendapatkan landasan teori maka TULISLAH KERANGKA SKRIPSI dalam notes anda, mulailah menuliskannya dan mendiskusikan bab-bab penelitian dengan dosen pembimbing. Anda harus yakin dengan gagasan anda sendiri sehingga pembimbing pun akan tertarik dengan ide anda itu. Kalau mereka tertarik yakinlah pembimbing pasti akan memberikan bimbingan lebih serius kepada anda.

Setelah pembimbing setuju tulislah skripsi anda dengan sungguh-sungguh dan BULATKAN TEKAD BAHWA KARYA ILMIAH ANDA AKAN MENJADI TONGGAK SEJARAH DALAM HIDUP ANDA DAN MEMBERI MAMFAAT PADA ORANG BANYAK.

Setelah semua landasan teori dituliskan lanjutkan MENULISKAN TEKNIK DAN METODE PENELITIAN, SUSUN ALAT dan meminta kembali persetujuan dosen sambil MENYUSUN JADWAL TURUN KE LAPANGAN dan MEMASTIKAN SAMPEL YANG AKAN DITELITI.

Langkah selanjutnya tentu MELAKSANAKAN PENELITIAN di lapangan. Kemudian MENGHITUNG HASIL sesuai metode yang telah ditentukan sebelumnya. Setelah hasil dihitung TULISLAH HASIL PENELITIAN PADA BAB TERAKHIR, minta persetujuan pembimbing dan persiapkan diri untuk menghadapi sidang ujian akhir.

Sekian trik – trik menuliskan skripsi semoga anda lulus dengan hasil terbaik dan memuaskan. Jangan sekali-kali memikirkan mengambil jalan pintas yang tidak baik seperti membeli atau menjiplak karya orang lain. Buat apa anda susah-susah kuliah bertahun-tahun dengan biaya yang tidak murah kalau akhirnya anda mencontek juga, rugi umur dan rugi uang. Semoga bermamfaat.



0 komentar:

Post a Comment