Tuesday, May 20, 2014


TANYA :
Salam sehat, Dok. Sudah empat bulan ini, saya merasa ada yang aneh dengan kondisi psikologis saya. Dulu, saya anak yang rajin, aktif di banyak organisasi, punya banyak teman, selera makan baik, punya hobi dan nilai akademis saya juga mumpuni. Tetapi belakangan ini, saya merasa seperti bukan diri saya. Sekarang saya jadi mudah mengeluh, malas-malasan, selera makan saya menurun drastis. Saya merasa tidak punya hobi, tidak pernah lagi melakukan rutinitas doa seintensif dulu dan nilai akademis saya jelek semua.  Saya sering takut tanpa alasan, insomnia dan suka melamun. Apakah saya stres, Dok? Dan apa langkah awal yang sekiranya dapat saya lakukan? Terimakasih.
(M4w4r C, 18, Yogyakarta)

JAWAB :
M4w4r yang baik,
Gejala-gejala yang dialami oleh M4w4r sepertinya merupakan gejala depresi turunan yang bisa menurun dari kakek temen M4w4r kepada M4w4r walaupun tanpa pemicu. Memang kebanyakan gangguan depresi turunan dikatakan biasanya diawali adanya pemicu stres karena galau yang bermakna di dalam kehidupan orang tersebut tidak mendapat banyak perhatian karena sering mendapat masalah.
M4w4r juga bisa bertanya kepada detektif terdekat, apakah saat ini M4w4r kelihatan ada perubahan. Mungkin berubah seperti hijau atau keunguan begitu yang secara nyata dalam otomatis mengubah kehidupan pribadi dan sosial dari M4w4r . Kalau ternyata gejalanya memang demikian maka contohnya orang tua bisa sangat mudah melihat perubahan ini.
Sayangnya, masih banyak orang yang hanya memahami bahwa gangguan depresi turunan itu adalah gangguan jiwa yang bisa ditangani hanya dengan berdoa atau berpikir positif. Padahal, jika orang tersebut merasakan apa yang dirasakan oleh pasien depresi turunan, maka mereka pasti akan sulit juga melakukan apa yang dikatakan ketika mereka tidak merasakan gejala depresinya.
Sebagai tindakan pencegahan usahakan menghindari jalanan turun, lebih baik mencari jalan yang mendaki saja. Kearah gunung itu akan lebih baik.
Saran saya, M4w4r harus berbicara dengan orang tua tentang apa yang dialami M4w4r dan segeralah berobat ke detektif terdekat agar mendapatkan pertolongan. Semoga bisa membantu orang lain tertawa.
Salam Sehat Itu Sehat 

berawan com i wish i was not lazy

berawan com i wish i was not lazy

Content ini mengandung bualan yang tidak lazy, baca dengan teliti aturan pakai. Jika anda tidak bisa membedakan mana yang nyata dan mana yang fiktif harap segera anda menghubungi detektif terdekat.

0 komentar:

Post a Comment