Monday, June 23, 2014


Kali ini aku mau cerita tentang SUSAHnya CARI yang namanya itu UANG. Kalau cari uang dulu itu dulu dapetnya 1000/2000/5000 tu perjuangan banget, Tapi sekarang mungkin anak SD aja sangu uangnya udah 5000 bahkan bisa aja lebih dari 5000. 5000 sekarang ma dulu beda, dulu bisa beli beras, sekarang jajan.

Yang jelas, yang nda da bedanya dulu sama sekarang adalah tetep aja susah cari uang. Mau dapet hujan uang dari langit? Mimpi boleh kok. Kalau mau dapet uang tu usaha!

Aku bersyukur, kita harus bersyukur sendanya kita hidupnya nda mesti harus susah-susah banget kaya' orang-orang jaman dulu. Sekarang gimana caranya kita harus bisa banggain kedua orang tua kita. Semangat!

Bisa diambil kesimpulan kalau emang dari dulu cari uang itu susah. Apalagi sekarang yang harga-harga barang itu udah nda mikir-mikir rakyat bawah lagi. Awal tahun baru ini aja kita udah dapet kado, harga LPG 12 kg naiknya 67% per tabungnya. Wihhh, udah naiknya separo harga lagi. Tambah susah cari uang. Yang lulusan sarjana aja belum tentu bisa cari kerja yang sesuai sama jurusan kuliahnya. Orang pinter kalah sama orang bejo! (yes/no)

Nah, aku mau cerita pengalamanku gimana cari uang. Aku pernah ikut bulekku jadi petani melati, dari pagi sampe siang. Kalau berangkatnya siangan dikit, bakalan kepanasan.

Perjalanan ke kebun melati tu pertama ngontel dulu, jalannya jelek ma sempit lagi. Habis ngontel, sepedanya dititipin, jalan kaki deh, lumayan sih. Pokoknya dari rumah ke kebun melati jauh.

Sampe sana, kita sarapan nasi bungkus dulu yang dah disiapin dari rumah. Sarapan udah, sekarang mari berburu melati. Jujur ya, aku waktu itu nda keren banget. Bentar-bentar istirahat gara-gara kepanasan. Ya deket pantai oo. Aku kalah ma sodaraku.

Kalau udah dapet melati, melati hasil petikan aku, adekku ma sodaraku dikumpulin jadi satu. Dikasihin deh ke pengepul melati. Bayangin ya, aku metik ditambah punya adekku ma sodaraku nlda dapet sekilo! Aku lupa dapet uang berapa. Yang jelas uangnya dibuat beli es cuma dapet 3 sama jajan apa githu, dapet satu-satu deh. Tapi kaya'nya nda seri sama aku metikin melati satu-satu. Melati kan enteng, ngumpulin sekilo sendirian kaya'nya aku gimana githu, hmm..

Habis dari kebun melati aku, adekku ma 3 sodaraku ke kali nyari ikan. Wuh, sodaraku dapet ikan lumayan banyak. Aku cuma berapa ya, wahahaha~.

Udah dapet ikan, sekarang digoreng sama bulekku. Makan ikannya kerasa enak banget. Berasa perjuangannya. Padahal kalau dilihat-lihat, perjuanganku kalah sama orang lain, tapi aku ngerasa udah seneng.

Ada cerita lagi nih, aku pernah jualan jajanan di kelas. Jujur ya, awal aku jualan rasanya malu sama temen-temen. Kalau jajananku laku satu, aku cuma dapet untung 100/200 perak doang. Tapi labanya tak simpen, terus tak tabungin deh. Ngumpulin uang 100 tu susah juga. Malemnya harus mbungkusin satu-satu. Belum lagi kalau aku makanin jajanannya, otomatiskan untung buat ku berkurang, hha~.

Seingetku pertama aku jualan itu aku nda tawa (nawarin) ke temen-temen. Tapi temenku lihat aku bawa jajan, terus ditanya, "Kamu jualan ya?", aku jawab, "Iya.. hhe~" Terus baru deh, temen-temenku beli. Waktu moving class juga aku bawanya kresek lumayan gedhe. Tak tutupin tho ya. Aku malu, padahal ya sebenernya nda dosa kalau aku jualan jajanan. Hahaha~

Yang punya katalog TK yang seangkatan ma aku, cek deh, cita-citaku apa, jualan soto loo... Aku sempet diketawain githu waktu kelas 2 SD, aku sempet malu tho ya. Terus aku akhirnya mulai nyoba cuek. Tho ya jualan soto halal kok. Kalau aku jadi juragan kan ya alhamdulillah :D

Walau aku tau susah cari uang, aku kadang masih boros. Nonton bioskop lah, jalan-jalan lah. Hmm, tapi salah siapa filmnya bagus-bagus waktu aku ada uang, hha~ (ngeles).

Aku kadang prihatin, ada adek ya seumuran SD udah jualan koran pinggir jalan, rasanya gimana ya? Masa' orang tuanya mbiarin? Mungkin udah kepepet kali ya. Ini nih jadi PR buat kita, para generasi pengubah Indonesia ke yang lebih maju, semoga kita generasi muda bisa! Allahu Akbar! Semangat!

So, kita harus bersyukur kalau punya uang, cari uang susah!


sumber:
duniahana



ya allah uang ya allah

berawan com ya allah uang ya allah

0 komentar:

Post a Comment