Thursday, June 12, 2014



Instruksi Dasar Persalinan Darurat


Melahirkan bayi di rumah, tanpa bantuan, bisa menyebabkan ketakutan. Namun sebenarnya hal ini tak perlu di takutkan karena seenarnya persalinan adalah proses yang sangat alami. Melahirkan di rumah tidak direncanakan, kelahiran di mobil bahkan tidak direncanakan, terjadi sepanjang waktu dengan hasil yang membahagiakan.
Nah ini adalah panduan yang bisa Anda pelajari ketika secara tidak sengaja persalinan darurat ini Anda hadapi:
> Tenangkan diri Anda. Ambil napas dalam-dalam. Yakinkan bahwa Anda dapat mengatasi ini! Jika secara lahiriah anda tenang, maka ketenangan itu akan mampu menenangkan ibu juga. Menjadi tenang akan membuat proses persalinannya jauh lebih mudah karena otot-ototnya akan santai dan dia akan bekerja sama dengan tubuhnya dan bukan melawannya.
> Tenangkan si ibu. Katakan padanya bahwa semua akan baik-baik saja! Panik, cemas dan kewalahan Selama proses persalinan terutama masa transisi, itu adalah normal. Namun yang perlu Anda lakukan adalah sugestikan dan ingatkan kepada ibu untuk tetap tenang dan menarik nafas panjang ketika ada perasaan kurang nyaman.
> Jika Anda memiliki waktu siapkan tempat persalainan dengan permukaan yang bersih, handuk bersih, dll.
> Cobalah untuk memotivasi dan membuat tubuh si ibu dalam posisi jongkok. Ini akan mempersingkat persalinan, memendekkan jalan lahir dan memanfaatkan gaya gravitasi.
> Ingatkan dia untuk terus bernafas dalam. Dia akan membuat suara keras dan erangan, bahkan mungkin berteriak. Biarkan saja yang terpenting adalah motivasi dia agar tetap tenang dan mengatur nafasnya. Serta mengikuti insting dan irama tubuhnya saat mengejan.
> Bila Anda melihat bagian atas kepala bayi, ini disebut mahkota (crowning) membuka pintu vagina,  Yakinkan ibu bahwa bayi akan segera lahir setelah dia mengejan.
> Sangga bagian perineum yang menonjol dengan lembut menggunakan tangan Anda (bisa juga dilapisi waslap atau kain hangat) untuk meminimalkan robek.
> Dengan lembut ikuti kepala bayi yang keluar, sangga supaya bayi tidak terjatuh.
> Segera setelah kepala bayi yang keluar bersihkan hidung dan mulut itu cairan dengan mengelus ke bawah pada hidung dan mulut dengan lembut, atau menggunakan kassa.
> Sudah lazim jika tali pusat berada di sekitar leher atau melilit leher bayi. Jika Anda dapat menyelipkan jari antara tali pusat dan leher cobalah untuk mengendorkan lilitan tersebut.
> Setelah Kepala bayi keluar maka bahu bagian atas akan keluar lalu diikuti bahu bagian bawah dan seluruh tubuh bayi
> Pegang bayi secara aman dengan kepala pada sudut 45 derajat kebawah untuk memungkinkan cairan mengalir dari hidung dan mulut.
> JANGAN memotong tali pusar!
> Setelah tubuh bayi lahir seluruhnya, Jika tali pusat cukup panjang berikan dan letakkan di atas dada sang ibu dan tutupi dengan selimut, kain atau handuk. Sambil keringkan kepala bayi dan berilah dia tpi. Biarkan bayi tetap hangat di pelukan sang ibu.
> Lakukan Inisiasi Menyusu Dini. Ini akan membantu tubuh untuk melahirkan plasenta dan menghentikan perdarahan dengan melepaskan oksitosin dalam tubuh.
> Biarkan plasenta keluar dengan sendiri. Lalu panggil, dokter atau bidan.
> Sambil Anda menunggu kedatangan dokter atau bidan, berikan ibu yang minum jus jeruk atau teh herbal dan bersukacita bersamanya sementara Anda menunggu.
> Cobalah untuk melihat seberapa banyak perdarahan yang dialami ibu. Untuk membantu menghentikan perdarahan, lakukan rangsangan di puting susu dan massage dengan lembut puncak rahim (fundus) ibu agar rahim berkontraksi dengan baik.
> Kerja yang bagus!
Cara melahirkan bayi di mobil
Lalu bagaimana jika persalinan terjadi di mobil? Pertolongannyapun hampir sama dengan yang diatas namun ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika ada kesulitan selama proses persalinan tersebut.
> Walaupun ini sangat jarang . namun Jika ini terjadi, STAY CALM! Tetaplah tenang.
> Jika bahu bayi tampaknya terjebak- maka coba menekan tepat di atas rambut pubis ibu. Jika ini tidak berhasil Anjurkan ibu untuk mengambil posisi merangkak dengan satu kaki kedepan seperti posisi atlit lari yang sedang melakukan posisi start. Ini akan membantu sekali untuk melebarkan panggul dan ingat JANGAN menarik bayi!
> Bayi bisa berwarna kebiruan saat lahir. Setelah dia bernafas maka kulitnya akan berubah menjadi merah muda. Namun  Jika bayi tidak segera napas atau tampak lesu Anda dapat mencoba dengan lembut menampar telapak kaki atau mengelus dengan lembut tengkuknya untuk merangsang bayi menangis.
> Jika bayi tidak bernapas lakukan pemberian nafas buatan mulut ke mulut dengan lembut ke dalam mulut bayi.
Berikut ini Cara membantu melahirkan di mobil


Bantahan:
Artikel Ini tidak dimaksudkan sebagai nasihat medis, hanya sebagai panduan dasar untuk digunakan dalam melahirkan di rumah atau di tempat yang tak terduga dan dalam kondisi yang darurat. Tidak ada yang dapat menggantikan seorang bidan yang baik (atau dokter) dalam situasi ini.
Salam Hangat
Semoga bermanfaat
Bidan Kita

sumber:
bidankita dot com


ibu bidan sedang tidur

berawan com ibu bidan sedang tidur

0 komentar:

Post a Comment