Saturday, May 31, 2014



Pembuatan Es batu di Pabrik.


       Enggak ada salahnya kalau kita belajar tentang Pembuatan Es batu di Pabrik. Pada dasarnya ini juga termasuk ilmu fisika. Karena didalam proses pembuatan es batu, siklus-siklus yang terjadi tersebut merupakan formulasi siklus Carnot yang ada dalam termodinamika. Carnot menemukan metode baru untuk meningkatkan efisiensi sautu mesin berdasarkan usahanya. Untuk percobaan kali ini kita membutuhkan :


Bahan Baku :

- Amoniak 
- Air

Alat-alat :

- Kompres kondensor
- Resefer
- Selang
- Toten
- Meteren tekanan suhu
- Perjamer
- Mesin blower
- Kotak / cetakan es
- Agikator
- Perjamer 

skemapabrikes


Cara Pembuatan / Proses Pembuatan

1. Bahan baku yang berupa Amoniak Dikompres untuk Opersi Amoniak oleh mesin kompresor, Amoniak dan air masih dalam keadaan panas / hangat.
2. Air didinginkan Oleh Mesin Kondensor.
3. Kemudian amoniak didinginkan oleh air.
4. Masuk ke dalam reserver, dengan tujuan untuk mengukur banyaknya amoniak.
         -  Saat meteran terlalu tinggi maka beban kompresor dikurangi.
         -  Meteran tekanan sampai 20 derajat Celcius C tetapi pada mesin hanya 15 derajat Celcius itupun termasuk suhu yang panas.
5. disedot ke penjamen lalu ditampung dalam kotak atau cetakan.
6. setelah itu agikator dinyalakan agar mengeluarkan embun kemudian dialiri airbersih biasa, masuk ke sela-sela lalu jadilah es batu.

Prose pembuatan es batu memerlukan waktu kurang lebih 24 jam.



Bisnis dengan investasi Rp 250 juta dan Rp 750 juta. Dengan omzet mitra ditargetkan Rp 1,5 juta-Rp 2 juta per hari, mitra bisa balik modal dalam waktu 10 bulan.

Es batu atau es balok memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan manusia. Selain untuk industri kuliner, es batu juga dibutuhkan oleh nelayan untuk mengawetkan ikan hasil tangkapannya. Es batu juga dibutuhkan industri pengolahan ikan untuk keperluan gudang pendinginan ikan. 


Bisnis es batu lumayan menguntungkan. "Permintaannya tak pernah sepi,"  Lokasi pabrik sangat menentukan kelangsungan usaha ini. Jika lokasi pabrik strategis, dalam sebulan ditargetkan bisa memproduksi 10 ton es balok dan 2 ton es tube per hari.

Dengan produksi sebanyak itu, mitra bisa memperoleh omzet sekitar Rp 1,5 juta-Rp 2 juta per hari. "Labanya bisa mencapai 40% dan dalam 10 bulan hingga tiga tahun sudah balik modal ," 

Penjualan es balok ini sudah dikemas dalam kantong berukuran 50 kilogram (kg). Harga es balok ukuran 50 kg biasanya dijual Rp 10.000 dan es tube 10 kg sekitar Rp 7.500-Rp 10.000. 

Investasi itu belum termasuk tempat. Nilai investasi itu sudah termasuk mesin pembuat es, instalasi listrik, dekorasi pabrik, biaya pelatihan, dan standar operasional prosedur menjalankan usaha. 


     Semooga Tulisan dari aku ini bermanfaat buat kalian semuanya. Silahkan mencoba.

Sumber:

kapintama
peluangusaha majalah kontan

sedia es batu buat melempar kepalamu

berawan com sedia es batu buat melempar kepalamu

1 komentar: