Wednesday, May 28, 2014




AKU SUDAH TIDAK MAU HIDUP AKU MAU MATI SAJA.


Seorang pria setengah baya mendatangi seorang dokter, “Dokter, saya sudah bosan hidup. Sudah jenuh betul. Rumah tangga saya berantakan. Usaha saya kacau. Apapun yang saya lakukan selalu berantakan. Saya ingin mati.”

Sang Dokter pun tersenyum, “Oh, kamu sakit.” “Tidak Dokter, saya tidak sakit. Saya sehat. Hanya jenuh dengan kehidupan. Itu sebabnya saya ingin mati.” Seolah-olah tidak mendengar pembelaannya, sang Dokter meneruskan, “Kamu sakit. Dan penyakitmu itu sebutannya, ‘Alergi Hidup’. Ya, kamu alergi terhadap kehidupan.” Banyak sekali di antara kita yang alergi terhadap kehidupan. “Penyakitmu itu bisa disembuhkan, asal kamu ingin sembuh dan bersedia mengikuti petunjukku.” demikian ujar sang Dokter. “Tidak Dokter, tidak. Saya sudah betul-betul jenuh. Tidak, saya tidak ingin hidup.” pria itu menolak tawaran sang Dokter. “Jadi kamu tidak ingin sembuh. Kamu betul-betul ingin mati?”
“Ya, memang saya sudah bosan hidup.”

Setelah berpikir sejenak sang dokter masuk ke ruang pribadinya, kemudian keluar dengan membawa botol berisi cairan khusus 3 buah botol.. Ambillah 3 buah botol ini Diminum tiap hari satu botol mulai sore ini.    3 hari lagi kamu akan mati. ” Giliran dia menjadi bingung. Setiap Dokter yang ia datangi selama ini selalu berupaya untuk memberikannya semangat untuk hidup. Yang satu ini aneh. Ia bahkan menawarkan racun. Tetapi, karena ia memang sudah betul-betul jenuh, ia menerimanya dengan senang hati karena keinginanya untuk mati sudah bulat.

Pulang kerumah, ia langsung menghabiskan 2 botol racun yang disebut “obat” oleh Dokter Tersebut. Dan, ia merasakan ketenangan sebagaimana tidak pernah ia rasakan sebelumnya. Begitu rileks, begitu santai! Tinggal 3 hari, dan ia akan mati. Ia akan terbebaskan dari segala macam masalah “pikirnya dalam hati”. Malam itu, ia memutuskan untuk makan malam bersama keluarga di restoran dengan nuansa romantis. Sesuatu yang sudah tidak pernah ia lakukan selama beberapa tahun terakhir. Pikir-pikir malam terakhir, ia ingin meninggalkan kenangan manis. Sambil makan, ia bersenda gurau. Suasananya santai banget! Sebelum tidur, ia mencium bibir istrinya dan membisiki di kupingnya, “Sayang, aku mencintaimu.” Karena malam itu adalah malam terakhir, ia ingin meninggalkan kenangan manis!

Esoknya bangun tidur, ia membuka jendela kamar dan melihat ke luar. Tiupan angin pagi menyegarkan tubuhnya. Dan ia tergoda untuk melakukan jalan pagi. Pulang kerumah setengah jam kemudian, ia menemukan istrinya masih tertidur. Tanpa membangunkannya, ia masuk dapur dan membuat 2 cangkir kopi. Satu untuk dirinya, satu lagi untuk istrinya. Karena pagi itu adalah pagi terakhir, ia ingin meninggalkan kenangan manis! Sang istripun merasa aneh sekali, “Mas, apa yang terjadi hari ini? 
Selama ini, mungkin aku salah. Maafkan aku, mas.”

Di kantor, ia menyapa setiap orang, bersalaman dengan setiap orang. Stafnya pun bingung, “Hari ini, Bos kita kok aneh ya?” Dan sikap mereka pun langsung berubah. Mereka pun menjadi lembut. Karena siang itu adalah siang terakhir, ia ingin meninggalkan kenangan manis! Tiba-tiba, segala sesuatu di sekitarnya berubah. Ia menjadi ramah dan lebih toleran, bahkan apresiatif terhadap pendapat-pendapat yang berbeda. Tiba-tiba hidup menjadi indah. Ia mulai menikmatinya. 

Pulang kerumah jam 5 sore, ia menemukan istri tercinta menungguinya di beranda depan. Kali ini justru sang istri yang memberikan ciuman kepadanya, “Mas, sekali lagi aku minta maaf, kalau selama ini aku selalu merepotkan kamu.” Anak-anak pun tidak ingin ketinggalan, “Ayah, maafkan kami semua. 
Selama ini, ayah selalu stres karena perilaku kami semua.” Tiba-tiba, sungai kehidupannya mengalir kembali. Tiba-tiba, hidup menjadi sangat indah. Ia ingin membatalkan niatnya untuk bunuh diri. 

Tetapi bagaimana dengan 2 botol racun yang sudah ia minum, sore sebelumnya? ” Ya Allah, apakah maut akan datang kepadaku. Tundalah kematian itu ya Allah. Aku takut sekali jika aku harus meninggalkan dunia ini ”. Ia pun buru-buru mendatangi sang Dokter yang telah memberi racun kepadanya. Sesampainya dirumah Dokter tersebut, pria itu langsung mengatakan bahwa ia akan membatalkan kematiannya. Karena ia takut sekali jika ia harus kembali kehilangan semua hal yang telah membuat dia menjadi hidup kembali.

Melihat wajah pria itu, rupanya sang Dokter langsung mengetahui apa yang telah terjadi, sang Dokter pun berkata “Buang sisa 1 botol racun itu. Isinya air biasa. Kau sudah sembuh, Apa bila kau hidup dalam kekinian, apabila kau hidup dengan kesadaran bahwa maut dapat menjemputmu kapan saja dan dimana saja, maka kau akan menikmati setiap detik kehidupan. Leburkan egomu, keangkuhanmu, kesombonganmu. 

Jadilah lembut, selembut air. Dan mengalirlah bersama sungai kehidupan. Kau tidak akan jenuh, tidak akan bosan. Kau akan merasa hidup. Itulah rahasia kehidupan. Itulah kunci kebahagiaan. Itulah jalan menuju ketenangan.” Pria itu mengucapkan terima kasih dan menyalami Sang Dokter, lalu pulang ke rumah, untuk mengulangi pengalaman malam sebelumnya. Ah, indahnya dunia ini..

diadaptasi dari buku "mundur selangkah melesat 1000 langkah" karya aris ahmad jaya dan ahmad alam hal 125


Pelaku Kemudian berkonsultasi:


Hidupku selalu susah. Hidupku penuh dengan penderitaan. Aku tak tahan dengan semua ini. Aku ingin mati saja! Bolehkah itu?
السؤال :
حصلت لي مشاكل كبيرة في عملي وفي حياتي الاجتماعية ، فهل يجوز لي تمني الموت ؟.

Pertanyaan:
Terjadi banyak masalah dalam pekerjaan saya dan dalam kehidupan sosial saya. Karena itu, bolehkah saya mengangankan kematian?
الجواب :
الحمد لله

Jawaban:
Segala puji bagi Allah
حالتك هذه تشبه ما قاله الشاعر :
ألا موت يباع فاشتريه                                  فهذا العيش ما لا خير فيه
Keadaan Anda ini mirip dengan yang diungkapkan oleh seorang penyair:
Ingatlah, kematian kini telah dijual, maka belilah
Karena  sudah tidak ada lagi kebaikan dalam kehidupan ini

وهذا خطأ ، فلا يجوز للمؤمن أن يتمنى الموت ، فإن كان لابد متمنياً فليدعُ بالدعاء المأثور في ذلك .
قال عليه الصلاة والسلام : ( لا يتمنين أحدكم الموت لضر نزل به ، فإن كان لابد متمنياً فليقل : اللهم أحيني ما كانت الحياة خيراً لي ، وتوفني إذا كانت الوفاة خيراً لي ) رواه البخاري ( الفتح ) 11/154.
Ini jelas keliru. Seorang mukmin tidak boleh mengangankan kematian. Kalaupun terpaksa melakukannya, hendaknya ia melakukan doa yang telah ada tuntunannya dalam syariat.

Nabi عليه الصلاة والسلام bersabda, “Janganlah salah seorang dari kalian mengangankan kematian disebabkan kesulitan yang menimpanya. Kalaupun ia terpaksa mengangankan kematian, hendaknya ia mengatakan: “Ya Allah, pertahankanlah hidupku bila memang hidup itu lebih baik bagiku. Dan matikanlah diriku, bila memang kematian itu lebih baik bagiku..” (HR. Al-Bukhari dengan Fathulbari: 11/154)
من كتاب الإيمان بالقضاء والقدر لـ محمد بن إبراهيم الحمد ص 159.
Dari buku Al-Iman bil Qadha wal Qadar oleh Muhammad bin Ibrahim Al-Hamd hal. 159
http://islamqa.info/ar/ref/9846

serah kamulah kalo mau mati matilah kamu mati aku nyelawat

berawan com serah kamulah kalo mau mati matilah kamu mati aku nyelawat

0 komentar:

Post a Comment