Thursday, May 22, 2014


Mau merencanakan hari pernikahan anda? bingung dengan pengaturan biaya yang akan dikeluarkan untuk kebutuhan pernikahan anda?

Mari kita bahas cara berpikir yang mudah dalam pengaturan budget pernikahan anda
Komposisi ideal menurut saya utk pengaturan sebuah acara pernikahan adalah 40% di alokasikan untuk cattering & venue, 25% untuk dekorasi, 15% untuk undangan & souvenir, 10% Makeup + Pakaian Pengantin, 5% Dokumentasi, 5% entertainment.
Komposisi pengaturan budget diatas sebenarnya bisa di atur sesuai dengan kemauan dari calon mempelai dan keluarga, tapi menurut kami komposisi diatas adalah yang paling ideal

Cattering / FnB mengambil jatah terbesar dalam pengaturan budget pernikahan anda, untuk contohnya saya akan mensimulasikan perhitungan budget cattering dengan jumlah undangan sebanyak 1000 undangan atau untuk 2000 orang.

Jumlah tamu yang kita undang sangat berpengaruh dengan biaya F&B yang akan kita keluarkan, lebih baik kita jangan terlebih dahulu menentukan jumlah tamu yang kita undang melainkan berapa besar budget yang kita punya. Untuk skrng harga perkepala minimal untuk cattering adalah Rp 100.000,- sedangkan untuk Cattering hotel skrng harga per kepalanya adalah Rp 250.000,- ++ ( 21% Pajak ). Yang saya maksud dengan minimal / standart menu adalah buffet + 2 jenis stall

Mari kita berhitung -----------> jika jumlah tamu undangan kita sebanyak 1000 undangan dengan asumsi yang akan hadir 70% - 80% ( riset berdasarkan pengalaman ) atau 750 undangan ( 1500 orang ) maka 1500 X Rp 100.000,- = Rp 150.000.000,-

Sedangkan untuk cattering hotel dengan jumlah tamu yang sama yaitu 1000 undangan dengan asumsi kedatangan tamu seperti di atas maka 1500 X Rp 250.000,- = Rp 375.000.000,- ++ ( 21%Pajak)
Wow cukup banyak ya... tapi ingat ini perhitungan utk 1000 undangan, misalkan jumlah undangannya dibawah seribu maka secara otomatis harga cattering akan turun

Sekarang bagaimana cara berhitung dekorasi.... menurut saya dekorasi tidak ada matematikanya yang baku seperti berhitung cattering / F&B, dekorasi akan tidak punya limitasi harga apabila kita berkonsep dengan ide - ide yang tidak biasa.

Paket-paket yang disediakan oleh suplier dekorasi sebenarnya lebih untuk memudahkan pelanggan dalam memilih dekorasi yang mereka inginkan dan biasanya yang ditawarkan oleh suplier adalah dekorasi standart.
Yang saya maksud dengan dekorasi standart adalah dekorasi meliputi area penerimaan tamu, red carpet untuk tamu, pelaminan, dan area VIP, untuk area makan tamu biasanya dekorasi akan dibantu oleh pihak cattering. Biasanya paket yang disediakan oleh pihak suplier dekorasi akan mempersempit konsep yang kita inginkan tapi menurut saya itu yang paling praktis dan ekonomis.
Biasanya nominal harga paket yang ditawarkan oleh pihak suplier adalah Rp. 50.000.000,- bisa lebih rendah dari harga yang saya sebutkan di atas.

Jika kita bergerak dari konsep yang akan kita inginkan biasanya harganya akan sedikit lebih tinggi, tapi kita harus memperhatikan banyak hal dari warna kain, jenis bunga yang kita pilih, apakah kita memakai tenda indoor, tradisional / modern concept dll. Jadi kita harus lebih teliti dan akan meluangkan banyak waktu untuk urusan dekorasi.

Untuk undangan dan souvenir kita harus jeli dalam pemilihannya. jumlah undangan disesuaikan dengan jumlah tamu yang akan kita undang satu undangan biasanya akan diisi oleh kedatangan 2 tamu.
Utamakan undangan cetak utk keluarga, kolega bisnis, kerabat orang tua, dan teman dekat. Untuk teman-teman dengan hubungan alumni sekolah, teman organisasi, teman pekerjaan (satu tingkat kebawah) dan teman main sebaiknya menggunakan e-invitation melalui media social, milis, BBM, SMS hal ini dilakukan untuk menghemat biaya

Pemilihan undangan cetak bisa dimulai dari pemilihan bahan sampai dengan ukuran undangan yang kita inginkan, semakin rumit undangan yang kita inginkan maka akan mahal juga harganya.
Untuk standart undangan dengan hardcover, 1 halaman adalah sekitar Rp 8.000 - Rp 15.000
Hitungan souvenir akan mengikuti jumlah undangan yang kita sebar, usahakan pemilihan souvenir yang bisa dipakai kembali dan mudah dibawa disaat acara berlangsung, hanya utnuk ide skrng ada souvenir yang berupa frame dengan berisikan photo yang kita ambil di photo booth di area penerimaan tamu.




Tulisan lainnya:

modal cari istri mobil jazz apartment mediterania resepsi dekorasi prewed kagak bakal nikah

berawan com modal cari istri mobil jazz apartment mediterania resepsi dekorasi prewed kagak bakal nikah

0 komentar:

Post a Comment