Friday, July 11, 2014




bacalah al quran setiap hari 1 juz kalo tidak mampu bacalah separuh juz kalo tidak mampu sekedar sehelai atau satu surat atau berusahalah satu surat


BELAJAR AKHLAK (1)
Bismillahirrahmanirrahim,

Hari ini alhamdulillah diberikan oleh Allah SWT kesempatan untuk bertemu lagi dengan adik-adik di TPA dekat rumah. Dapat amanah dari teteh senior disana untuk membantu transfer ilmu tentang akhlak.

Dengan pengetahuan sedikit tentang teknik prosedur memfasilitasi (sebenernya ini nama mata kuliah di kampus) saya membuat kegiatan belajar sedikit menarik (menurut adik-adiknya). Setelah adik-adik baca quran, dan tes hafalan maka dimulailah diskusi tentang akhlak.

"Teteh mau nanya deh, Akhlak itu apasih?"

"………"

"Duh, kok pada diem? Kayaknya diemnya lagi mikir yah semuanya?"

Lalu ada adik paling kecil tiba-tiba nyeletuk, rahma namanya, dia masih kelas tiga SD… “akhlak itu ada dua teh akhlak mahmudah sama madzmumah…”

"Wah subhanallah, pinter banget… Yang lainnya gimana nih, akhlak itu apasih?"

"Akhlak itu sifat-sifat manusia teh…" Kata salah satu adik disebelah kiri saya…

"Iya akhlak itu sifat atau perilaku manusia, kayak kata rahma tadi akhlak manusia itu ada dua, yaitu akhlak yng baik dan akhlak yang buruk. Sekarang kita bagi dua kelompok, kelompok satu menuliskan sebanyak-banyaknya di kertas tempel ini contoh-contoh akhlak tercela. Kelompok yang lain  menuliskan sebanyak-banyaknya di kertas tempel ini contoh-contoh akhlak terpuji. Ada pertanyaan?”

adik-adiknya tidak ada yang menghiraukan pertanyaan saya, langsung menyerbu cepuk (tempat pensil) saya yang berisi spidol warna-warni dan menuliskan hal yang saya minta.

Sangking asiknya menulis, mereka tidak memperhatikan bahwa teman kelompoknya yang lain menuliskan hal yang sama, Sehingga setelah mereka selesai menulis, mereka mengkelompokan kertasnya, jika ada yang sama ditempel sejajar kebawah.


Hasil ini insya Allah cukup untuk ngajar setahun kedepan, lebih dari 15 akhlak tercela dan lebih dari 10 akhlak terpuji yang ditulis oleh adik-adik di TPA. Satu pertemuan akan belajar tentang satu contoh akhlak, pengalaman pribadi tentang akhlaknya, dan bagaimana cara untuk mengembangkan (jika akhlak terpuji) dan mengurangi (jika akhlak tercela) akhlak-akhlak tersebut.

Semoga bisa jadi inspirasi untuk proses mengajar dimana saja. Amin Ya Rabbal ’Alamin.


berawan com bacalah al quran setiap hari 1 juz kalo tidak mampu bacalah separuh juz kalo tidak mampu sekedar sehelai atau satu surat atau berusahalah satu surat

0 komentar:

Post a Comment