Friday, July 18, 2014



Cabe-cabe Nan Seksi Terpedas di Dunia


Dalam rangka memaksimalkan pekarangan belakang rumah -walau sempit tapi menggigit, saya banyak menanam bermacam-macam sayuran, herba, tanaman bumbu, dan cabe! Mungkin sedikit merasa trauma akibat harga cabe rawit yang sempat melonjak beberapa waktu silam, akibat gagal panen cabe yang konon akibat semburan debu merapi, saya banyak menanam cabe terutama cabe rawit.Lagipula tidak ada salahnya memaksimalkan pekarangan rumah, hitung-hitung program ketahanan pangan. Tidak melulu tergantung kepada produsen bumbu dan sayuran, kalau kita memang bisa menanam sendiri.

13459855321099431251

Cabe rawit yang kita kenal secara umum di Indonesia, adalah Bird Eye Chili aka Thai Chili Pepper. Orang Sunda menyebutnya cengek. Orang Malaysia menyebutnya cili api atau cili padi. Dan ada peribahasa yang terkenal mengenai cabe rawit ini, yaitu “kecil-kecil cabe rawit” yang artinya walaupun kecil tapi pemberani. Bahkan ada grup band ngetop asal Amrik yang menggunakan cabe untuk nama grupnya, yaitu Red Hot Chili Pepper. Yang bila diterjemahkan secara bebas ke dalam bahasa Indonesia adalah “Cabe Merah Pedas Rasanya” dan kalau bahasa Sunda menjadi “Cabe Beureum Lada”.

Namun tak hanya cabe rawit lokal yang saya tanam, beberapa jenis cabe lainnya saya juga coba menanam. Diantaranya Bhut Jolokia, Scorpion Trinidad, Habanero, Jalapeno dan Serrano. Saat ini beberapa sudah berbuah dengan lebatnya.Bhut Jolokia dan Scorpion Trinidad sudah beberapa kali saya panen. Namun saya malah tidak berani mengkonsumsinya, baru memegang saja, tangan saya sudah terasa panas terbakar, bagaimana kalau nempel di lidah? akhirnya nasib cabe-cabe itu menjadi hiasan saja, atau habis dibagikan kepada tetangga yang berminat.

Bhut Jolokia dan Scorpion Trinidad adalah jenis-jenis cabe yang dikenal paling pedas di dunia. Satuan skala untuk tingkat kepedasan cabe, dihitung dengan Skala Scoffield. Satuannya disebut dengan singkatan SHU, SHU ini bukan Sisa Hasil Usaha dari koperasi simpan pinjam, tapi Scoffield Heat Unit. Pedasnya cabe dari tingkatan tidak pedas seperti cabe paprika yang memiliki skala 0 SHU, sampai dengan yang pedasnya kurang ajar seperti Bhut Jolokia ini, adalah akibat kandungan bahan kimiawi aktif yang disebut capsicain  capsaicin, dengan rantai kimia (CH3)2CHCH=CH(CH2)4CONHCH2C6H3-4-(OH)-3-(OCH3). Efek dari capsicain  capsaicin ini baik pada mamalia dan manusia memberikan rasa terbaka. Capsicain Capsaicin murni memiliki skala tingkat pedas sebanyak 16.000.000 SHU.


Cabe rawit lokal ini dalam skala Scoffield ternyata hanya menempati skala 50.000 s.d 100.000 SHU.  Itupun sudah bisa membuat saya melompat-lompat kepedesan bila salah menggigit cabe rawit yang ditanam menjadi ranjau didalam sebuah lontong isi. Bagaimana dengan Bhut Jolokia dan Scorpion Trinidad yang masuk Guiness World Record? Skala SHU untuk Bhut Jolokia dan Scorpion Trinidad berkisar antara 855.000 s.d 2.000.0000 SHU! Saya pernah melihat di Youtube seseorang mengunyah dan Bhut Jolokia, dan kemudian…. kelojotan dengan berurai air mata, air liur dan ingus! Entah seperti apa rasanya.

Bhut Jolokia berasal dari daerah Assam, India. Disebut juga sebagai Naga Jolokia, Naga Morich, atau Ghost Chili, Cabe ini dinamakan setan atau legenda naga, tentu saja karena reputasi pedasnya yang ampun-ampunan. Di timur laut India, Bhut Jolokia dikembangkan sebagai bom asap untuk mengusir gajah liar agar tidak merajalela dan tetap di daerah yang ditentukan untuk habitatnya.  Defence Research and Development Organisation (DRDO) di India, mengembangkan cabe ini menjadi granat tangan, senjata tidak mematikan untuk mengusir  teroris agar keluar dari persembunyian dan membubarkan kerusuhan. Bisa juga dibuat spray anti pemerkosaan untuk alat pertahanan diri wanita.

1345985821492385518




Untuk cabe Trinidad Scorpion, ini menurut yang pernah memakan, dikatakan rasanya ada rasa segar buah, fruity istilahnya.   Membuat rasanya unik. Ada rasa manis yang sedikit terdeteksi dan buah yang berdaging soalnya. Pedas yang ditimbulkan tidak langsung menyengat. Pas digigit, rasanya bisa dibilang pedas biasa, namun makin lama rasa pedas di mulut akan meningkat, meningkat, dan meningkat, sampai rasanya tak tertahankan. Sehingga jadinya menyebalkan bahkan menyakitkan.  Suami saya pernah mencoba. Bibirnya jontor membengkak sesudahnya.

Sumber bacaan:
  • Kompasiana / Mira Marsellia
  • wikipedia org / Scoville scale
  • wikipedia org Bhut_Jolokia_chili_pepper


berbagai jenis cabe cabean cabe import cabe keriting cabe rawit cabe hijau cabe merah cabe kering
berawan com berbagai jenis cabe cabean cabe import cabe keriting cabe rawit cabe hijau cabe merah cabe kering

0 komentar:

Post a Comment