Friday, October 10, 2014



Berapa lama tidur yang dibutuhkan Manusia

Apa saja yang terjadi saat kita tidur...Sambungan dari sebelumnya,

Berapa lama tidur yang dibutuhkan?

Setiap orang dewasa membutuhkan rata-rata 8 jam tidur per hari.  Angka ini variatif, mungkin ada yang 7 jam sudah cukup, atau bahkan ada yang perlu 9 jam.  Hanya Anda sendiri yang bisa tahu.  Caranya adalah tidur cepat dan bangun pagi tanpa perlu dibangunkan oleh weker, dan di siang hari anda tidak merasa mengantuk.

Menurut penelitan orang yang tidurnya kurang dari 7 jam atau lebih dari 9 jam per hari cenderung mempunyai tingkat kematian yang lebih tinggi.

Sementara untuk bayi yang baru lahir membutuhkan kira-kira 16 – 18 jam per hari.  Pada waktu berumur satu tahun, anak-anak biasanya tidur 13 – 14 jam dan jumlah ini terus menurun sampai remaja. Remaja rata-rata membutuhkan minimal 8½ - 9½ jam tidur per hari.

Kapan waktu tidur yang terbaik?

Inilah yang menjadi masalah besar pada zaman modern ini.   Di mana tengah malam masih terang benderang seperti siang, acara TV 24 jam, bisnis 24 jam, anak-anak yang masih belajar  atau nonton TV atau main games, ibu-ibu yang masih membereskan urusan rumah tangga, bapak-bapak yang baru selesai makan dan mandi. Sehingga semua baru bisa tidur setelah lewat tengah malam.  Tidur sekarang bukan lagi menjadi satu prioritas sehingga tidak heran 30 – 50% populasi di kota-kota besar kekurangan tidur. Yang akibatnya juga meningkatnya penyakit di zaman modern ini.

Mengapa tidur penting bagi tubuh kita?  

Pada waktu kita tidur, tubuh kita direparasi habis-habisan.  Sehingga pada waktu bangun kita terasa segar. Kita sebagai pemilik tubuh tidak perlu melakukan apa-apa,tim dari Surga yang melakukannya, setiap hari.  

Selama tidur, tubuh mengeluarkan hormon-hormon yang sangat berguna untuk memelihara kesehatan. Contohnya hormon melatonin, hormon kortisol, hormon pertumbuhan. 

Hormon Melatonin, hormon ini diproduksi antara pukul 10 malam hingga pukul 2 pagi dalam keadaan gelap, dan pengeluaran puncaknya terjadi pada waktu tengah malam, perlahan-lahan menurun setelah lewat tengah malam. Oleh karena itu waktu tidur yang terbaik adalah jam 10 sudah pulas. Kekurangan dari hormon ini dihubungkan dengan meningkatnya faktor risiko kanker pada pekerja shift malam. 

Fungsi lain dari hormon melatonin:

bertindak sebagai antioksidan yang dapat melindungi kerusakan DNA dari karsinogen yang artinya dapat mengentikan kerusakan pada kanker;
Sebagai imunoregulator yang dapat meningkatkan produksi sel T.

Hormon Pertumbuhan,  diproduksi pada waktu 1 jam setelah tidur.  Baru ditemukan akhir-akhir ini bahwa bukan hanya anak-anak tetapi orang dewasa juga membutuhkan hormon pertumbuhan ini.  Kekurangan dari hormon pertumbuhan dilaporkan mempunyai gejala cepat lelah, otot lemas, mudah cemas, depresi, osteoporosis, dan lain-lain. Dan untuk anak-anak sudah pasti sangat penting untuk pertumbuhan mereka.

Hormon kortisol, diproduksi pada waktu menjelang pagi/subuh.  Pada pagi hari level hormon kortisol tinggi sehingga pagi hari kita merasa penuh semangat dan pada malam hari sudah berkurang sehingga kita merasa mengantuk pada malam hari. 

Fungsi hormon kortisol: 

  • membantu mengatur berbagai fungsi tubuh termasuk aktivasi hormon tiroid,
  • penyerapan kalsium,
  • kekuatan otot,
  • menghasilkan energi,
  • tahan terhadap infeksi & kanker,
  • tahan terhadap penyakit otoimun, dan reaksi alergi.



.




berawan com buka matamu saat kamu tertidur agar terlihat jelas semua mimpi indahmu




0 komentar:

Post a Comment