Tuesday, September 23, 2014



cara berbicara yang sopan

Berkomunikasi sangatlah penting. Entah itu dalam mencari teman, relasi, bahkan pacar. Dalam bersosialisasi, kita perlu tahu bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan benar. Bagaimanakah caranya? Langsung saja kita simak selengkapnya.


  1. Sebelum bicara, pikirkan dulu apa yang ingin disampaikan. Rangkai kata² sebaik mungkin agar pesan anda mudah dicerna oleh lawan bicara. Bertuturlah dengan gaya bahasa yang pantas, santun, dan berbasa – basilah seperlunya.
  2. Saat berbicara, sesuaikan volume dengan kondisi lingkungan, jangan terlalu lirih, tetapi tidak pula terlalu keras bila anda duduk berdekatan.
  3. Perhatikan nada suara, usahakan berbicara dengan nada bervariasi, dan sesekali diselingi humor tanpa menyinggung pribadi seseorang. Nada yang monoton akan membuat perhatian lawan bicara teralih dari fokus pembicaraan atu kemungkinan merasa bosan.
  4. Sesuaikan kecepatan bicara dengan kondisi dan kepentingan. Jangan berbicara terlalu cepat di depan umum karena bisa jadi maksud anda tak tercena bik. Berdiskusilah di telepon yang sistematis dan tidak terlambat – lambat.
  5. Perhatikan siapa yang diajak berbicara, dalam suasana apa, materinya apa dan sebagainya. Ini penting, terutama bila urusannya berkaitan dengan pekerjaan.
  6. Saat berbincang, perhatikan bahasa tubuh, anda dapat duduk atau berdiri, tetapi yang pasti tatap lawan bicara agar ia menangkap kesungguhan anda. Meski sepele, efeknya sangat besar. Ketahuilah, sungguh tidak sopan jika tengan berbicara mata memandang ke tempat lain.
  7. Gerak tangan dan tubuh, serta ekspresi wajah yang tepat akan membantu menyampaikan maksud pembicaraan anda.
  8. Bila tidak sedang berbicara didepan umum, lakukan pembicaraan dua arah. Artinya, saling merespons dengan menyampaikan argumen untuk menghasilkan buah pembicaraan yang positif





berawan com omonganmu koyo sumber kencono banter tur ora aturan blass




0 komentar:

Post a Comment