Friday, September 12, 2014



Apa Itu Power Bank Dan Fungsi Power Bank ?

Kita sering mendengar istilah power bank namun banyak juga yang tidak tahu artinya. Kata tersebut berasal dari bahasa Inggris, yang memiliki arti “penyimpan daya”.  Ya, itulah power bank, sebuah alat kecil yang mudah dibawa kemana-mana, yang berfungsi untuk men-charge kembali gadget kita saat kehabisan daya, dimana kita berada dalam posisi jauh dari stop-kontak listrik. Dilihat dari fungsinya, alat ini juga diberi nama portable charger, karena dapat digunakan untuk mengisi ulang gadget dimanapun dan kapanpun.

Umumnya, power bank dijual dengan kapasitas tertentu, dari 3000 mAh hingga 11000 mAh, yang memungkinkan alat ini mentransfer energi yang disimpannya untuk memenuhi kebutuhan energi gadget lain yang memiliki kapasitas baterai dibawahnya. Sebagai contoh, dengan power bank berkapasitas 3000 mAh, kita bisa men-cas handphone yang memiliki kapasitas baterai 1500 mAh hingga 2x cas penuh.

Power bank umumnya dilengkapi dengan beragam colokan yang memungkinkan alat ini dipakai untuk men-cas aneka macam gadget, khususnya handphone. Fleksibilitas ini sangat memungkinkan kita hanya membawa satu power bank untuk men-cas beberapa jenis gadget dalam aktivitas mobile.

Power bank saat ini telah diproduksi oleh beberapa perusahaan sehingga di pasaran, sobat akan mendapati aneka model power bank dengan kapasitas serta keunggulan masing-masing. Tentu dengan manfaat yang sangat besar tersebut, umumnya power bank dibanderol dengan harga 300 ribu keatas. Tentu nominal tersebut bukanlah nilai yang sangat besar ketika kita ingin dimanjakan dengan fleksibilitas pengisian baterai dimanapun dan kapanpun, tanpa tergantung dengan sumber listrik. 

Power bank memang khusus dibuat untuk para pebisnis, orang-orang lapangan yang jarang masuk ruangan, dan orang yang sering dalam perjalanan. Benda mungil itu memiliki bermacam-macam kapasitas daya mulai dari 3000 mAh sampai 11000 mAh.

Berikut Adalah Tips-Tips Memilih Power Bank yang baik untuk smartphone atau Gadget Anda :

Anda Harus Mengenali Gadget Anda, Tips langkah pertama ini adalah Jantung dari segala Tips untuk memilih power bank Anda. Anda harus mengetahui dengan pasti berapa kapasitas battery pada Gadget atau Smartphone Anda. Jangan sampai Power Bank Anda tidak dapat secara maksimal mengisi battery Gadget atau Smartpone Anda. Hanya karena daya dari gadget Anda lebih tinggi dari daya maksimal power bank.

  1. Anda Harus Mengenali Kapasitas Power Bank, Apabila Anda sudah mengenali lebih dalam Gadget Anda, langkah selanjutnya Anda harus juga mengenali Kapasitas dari Power Bank yang akan anda mau beli. Sebagai Contoh HTC One V memiliki kapasitas Battery dengan daya 1500 mAh, jadi jika ingin HTC One V mengisi Battery Anda secara penuh maka daya minimal 1500 mAh, apabila ingin 2 kali Charge maka Power Bank harus memiliki kapasitas Battery 3000 mAh. Apabila Anda seseorang yang memiliki mobilitas yang tinggi di sarankan untuk menggunakan Power Bank yang memiliki kapasitas daya Battery yang tinggi.
  2. Perhatikan Fitur yang Terdapat Pada Power Bank Anda, Anda juga harus memperhatikan fitur dari Power Bank, jangan anda Sangka Power Bank hanya cuma bisa mengisi Battery Anda yang telah habis, dalam memilih Power Bank perhatikan juga Fitur dari Power Bank tersebut, Perhatikan apakah Power Bank tersebut dapat memproteksi Arus Pendek, Apakah Power Bank tersebut dapat memproteksi Overcharge, Apakah Power Bank tersebut dapat temperatur yang tinggi
  3. Kelengkapan yang Terdapat Pada Power Bank Anda, Anda juga harus memperhatikan kelengkapan dari Power Bank misalnya, Kabel yang tersedia, Lampu Indikator Power Bank, dan kelengkapan lain yang menunjang kinerja power bank yang Anda beli.
  4. Harga, Harga Memang tidak bisa dibohongi makin harga mahal maka makin bagus dan berkualitas juga Power Bank yang anda miliki, tetapi tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan Power Bank yang murah dengan harga terjangkau.



Penggunaannya cukup mudah. Kita cukup mengisi atau men-charge power bank hingga penuh. Setelah itu, power bank dapat digunakan untuk mengisi baterai gadget kita. Misalnya Blackberry, memiliki baterai berkapasitas 1500 mAh. Jadi, power bankberkapasitas 3000 mAh dapat mengisi baterai 1500 mAh hingga dua kali charge.

Power bank dilengkapi dengan kabel penghubung lengkap, sehingga dapat digunakan untuk bermacam-macam gadget seperti Blackberry, HP, mp3 player, iPhone, iPad, PSP, kamera digital dan gadget lainnya. Dijual dengan harga yang relatif tidak tinggi, yaitu sekitar Rp 300.000. Tentunya bukan hal yang sangat mahal mengingat barangnya yang begitu bermanfaat. Saat ini power bank dapat ditemui di semua toko gadget, karena sebagian besar perusahaan-perusahaan di dunia telah memroduksi alat mungil tersebut.




berawan com maaf sayang aku tidak bisa meminjami kamu power bank karena aku cuma punya power of love




0 komentar:

Post a Comment