Monday, September 29, 2014




TIPS Mengatur Uang Saku

Biasanya uang saku diberikan oleh orangtua per bulan atau per minggu. Mustinya siiihh, harus cukup sampe sebelum akhirnya diberikan uang saku lagi. Sukur-sukur kalo orangtua ngasi uang saku dalam jumlah besar, atau saat kita minta beli barang atau tiket konser, ortu mau ngasih lagi dii luar uang saku. Tapi kalo enggak??

Nah ini tips yang bisa Mizzi lakuin buat menghemat uang saku:

1. Di awal bulan, biasakan selalu bikin daftar pengeluaran yang sekiranya mau kita keluarin bulan itu. Pisahkan antara : Pengeluaran wajib (misalnya ongkos sekolah, pulsa), pengeluaran ingin (misalnya mau beli baju, atau rencana mau nonton). Lebih bagus kalo dari pengaturan di awal ini ada sisa anggaran untuk ditabung. Supaya ngga kepake, uang untuk ditabung ini buru-buru langsung masukin ke tabungan ya.

2. Langsung pulang ke rumah tiap kali pulang sekolah. Hindari nongkrong di mall, butik, tempat jajan karena tanpa sadar kita pasti ngeluarin uang untuk makan, minum atau beli barang-barang yang sebetulnya kita ngga butuh-butuh amat. Sesekali demi gaul sama temen sih boleh aja, asal tetep atur pengeluaran dan jangan sering-sering juga ah.

3. Biasain bawa bekal makanan dari rumah. Selain menghemat, tentunya masakan mama jauh lebih sehat daripada kita jajan.

4. Biasain naik angkot/bis sepulang sekolah. Kalopun sudah diberikan kendaraan oleh ortu dan kita yang menanggung bensinnya, ya dihemat pemakaiannya ngga pake mampir-mampir.

5. Pake pulsa HP seperlunya. Telpon untuk yang penting-penting aja. Ngegosip kan bisa di sekolah. Kalo HP kita udah berjenis smartphone atau Blackberry, langganan BBM dan internet chatting. Lumayan untuk menghemat biaya main facebook/twitter dan ngobrol dengan teman yang sama-sama punya BB/smartphone.

6. Suka baca? Daripada beli komik atau novel, ato DVD mending ke tempat peminjaman buku, atau taman bacaan. Bisa juga tuh beli komik yang paketan, misal, 5 komik harganya 30rb. Lebih hemat dibanding beli satu-satu yang harganya 15rb. Atau beli yang obral, 10rb dapet 3. Kalo DVD, ke rental DVD aja.. ;)

7. Selalu bikin daftar barang-barang yang pengen di beli. Catet harganya. Kalo harga barang yang di incer mahal, lebih baik nabung dulu. Utamakan barang-barang yang sangat butuhkan. Nah, karena tadi di awal kan Izzi sudah sampein untuk menyisihkan uang untuk tabungan, nah tabungan ini bisa dipakai kalo kita punya kebutuhan-kebutuhan kaya gini.

Selain menghemat, ada loh keuntungan lain dari mengatur uang saku. Misalnya:

1. Dengan mengurangi jajan, kita bisa menjaga berat badan.

2. Kalau biasanya waktu luang dihabisin untuk nongkrong, kini bisa lebih fokus untuk belajar dan beristirahat.

3. Pemakaian HP yang berlebihan bisa mengakibatkan radiasi yang berpengaruh buruk terhadap tubuh kita, bahkan menimbulkan penyakit. Dengan mengurangi penggunaannya, artinya bisa mengurangi dampak radiasi tersebut.

4. Dengan naik angkutan umum selain lebih hemat (nggak ngeluarin uang buat beli bensin), juga ga banyak polusi yang timbul akibat pemakaian kendaraan bermotor.

5. Yang paling penting adalah: bisa menabung untuk bekal senang-senang di masa depan. Misalnya, sebagai modal liburan ke luar kota atau nonton konser artis pujaan kita. Tabungan itu bisa pula dipakai untuk hal-hal yang lebih penting dan membutuhkan biaya banyak.

Semoga tipsnya bermanfaat ya...
Kalo untuk karyawan dan pekerjaa gimana donk.....#!@$$#%#$%







berawan com rabu kamis jumat sabtu




0 komentar:

Post a Comment