Thursday, November 27, 2014

hanya php (Pemberi Harapan Palsu)


Balada Cinta Kelas 6 SD
Sore ini, seperti biasa, saya berangkat ke IPC untuk ngajar siswa kelas 6 SD. Seperti biasa, ada Fitria, Humam dan Miftah. Tapi tidak seperti biasanya, Humam yang ceria mendadak menjadi pendiam lemas tak bergairah. Ini pertama kalinya selama 2 tahun saya kenal bocah ini.

Pembahasan TO matematika saya mulai. Humam hanya melamun dan males-malesan menulis. Tetiba dia berkata “Bu, Humam lagi bete”. (di IPC semua pengajar dipanggil Ibu atau Bapak, dan saya adalah Ibu Hani :3)

Saya balas “Bete kenapa siih?”. Humam kembali membalas “Biasalah bu..”. Saya bingung. Hmmm masalah apakah yang mungkin terjadi pada anak usia 13 tahun sampai dia lemas tak ada gairah begitu? Kemudian saya nyeletuk “Masalah pacar?”. Humam merespon cepat “Iya”.

"Astagaaaa", saya geleng-geleng kepala kemudian langsung melempar pertanyaan "Emang kenapa sama pacar Humam?". Humam diam, tak menjawab. Saya pun membiarkannya dan kembali membahas soal dipapan tulis. Sampai saya memberi jeda untuk mereka menyalin jawaban, Humam kembali mengeluarkan kata. "Diputusin bu".

OMG. O.M.G. Oh My God. Kaget dengan pengakuan mendadak dari Humam, saya pasang ekspresi sedih. Fitria nampak tertawa kecil. Miftah langsung nyamber “Berarti bener bu tebakan Miftah, antara diputusin, ditolak, pacarnya direbut orang, atau dimarahin orang tua”. Semua perhatian langsung tertuju pada Humam.

"Yaudah bahas soal aja dulu", saya mencoba teguh pendirian untuk mengajar, padahal udah kepo banget pengen tau cerita cinta Humam.

Pembahasan 40 soal matematika selesai dalam 1 jam karena soalnya gampang dan terlalu sederhana dari yang biasanya kami kerjakan. Sisa waktu 30 menit akhirnya diputuskan untuk waktu curhat Humam.

Jadi, pada intinya, Humam baru saja diputusin oleh pacarnya yang dipacarinya selama kurang lebih 2 bulan. Pacarnya ini selama 2 minggu terakhir juga menjadi teman sebangkunya atas suruhan ibu guru di sekolahnya. Jadi bisa disimpulkan kalau Humam sangat bahagia ketika itu. Tapi kemudian secara mendadak, sehari sebelum hari Jumat, 25 April 2014, pacarnya atau mantan pacarnya minta putus. “Alesannya kenapa?”, saya bertanya. “Gatau bu, dia cuma diem aja pas Humam tanya”, jawab Humam. “Ada cowo lain mereun”, Miftah berasumsi. “Iya tah, urang tau kayanya mah si eta”, Human dengan mimik kesal.

Menurut selidik Humam, pacarnya ini dari seminggu yang lalu selalu menghindar untuk pulang bareng Humam. Dia selalu pergi ke kelas lain dan menunggu seseorang. Seseorang itu tidak lain adalah musuh Humam sejak kelas 4 SD, sebut saja Mr. RM alias Rehan Malik. Kalau ada kesempatan, Humam dan Rehan selalu berantem sampai pukul-pukulan di sekolah. Tapi Humam cuma bisa diam ketika melihat pacarnya pulang bareng dengan RM.

"Terus Humam harus gimana bu?", Humam bertanya dengan muka putus asa. Saya sebagai dewasa yang gak pernah mengalami kisah cinta sepahit ini juga kebingungan. Tapi akhirnya saya kasih Humam pepatah "the best revenge is massive success" (saya terjemahin ke bahasa indonesia sehingga lebih mudah dicerna Humam). “Pokoknya kamu sekarang lupain aja dulu itu mantan kamu, belajar yang bener, sukses UNnya, masuk SMP yang bagus, bikin mantan pacar kamu nyesel udah mutusin kamu”, jawab saya untuk memotivasi Humam. Kemudian Miftah menambahkan, “Bener Mam, nanti kamu bbm ke dia bilang, LEBOK”. Humam kemudian bersemangat “He eh tah bener, LEBOOOOKK! O na sing loba”.

Pada akhirnya, Humam kembali bersemangat dan kelihatannya beneran mau rajin belajar. Kemudian Humam bilang ke saya, “Bu, tapi jangan kasih tau Bu Yanti ya bu. Nanti bu Yanti cerita ke mamah Humam”. Saya bertanya “Emang mamah Humam gak tau kalau Humam pacaran?”. Humam menjawab “Gak taueun”. Oh oke, ini cinta rahasia. Saya juga dulu kayak gitu. Adeuh curcol. Baeweh nyak.

Saya janji untuk gak bilang sama Bu Yanti (bos saya). Tapi saya gak janji untuk gak cerita ke temen-temen saya atau ke tumblr ini. Hahaha. Maaf Humam.

- Hani, menjelang usianya yang 23 tahun belum pernah merasakan cinta sepedih Humam. Terimakasih. Cerita ini membuat saya berfikir sekali lagi, apakabar kisah cinta lo Han??? *cuma bisa ketawa*. Bye.

berawan com hanya php

0 komentar:

Post a Comment