Wednesday, November 5, 2014


Mengapa Anakku Belum Bisa Bicara


Saat menginjak usia 12 bulan, sebagian besar anaksebenarnya sudahbelajar mengatakan setidaknya satu katadan enam kata di usia 18 bulan. Tapi ada juga yang belum sama sekali.

Anak laki-laki, terutama mereka yangberusiadi bawah 2tahun,memangcenderunglebih lambat dalammengembangkan kemampuan bahasanyadibanding anak perempuan. Dan beberapa dari mereka,malah ada yang seperti bersikaplebih berhati-hatiataupendiam, menunggusampai merekabenar-benarmemahamikata-katayang mereka dengar sebelum mereka berbicara.

Sunita Shah , seorang pembicara pediatri dan terapis bahasa, mengatakan, agar Anda tidak terlalukhawatirmenghadapi masalah ini.Usia di mana anak-anak belajar bicara dapat sangat bervariasi. Yakinlahlahbahwasedikitbelajar berbicara(dari yang sewajarnya)tidak akan mempengaruhi bagaimana anak berkembang di kemudian hari.

4 Tanda Anak Siap Bicara

Carilah tanda-tanda kesiapan bahasapada anak seperti yang diutarakan Judith Hudson, seorang Psikolog Perkembangan Anak, berikut ini:

1. Apakah anak Anda menunjukkan hal-hal yang dimaksudkannya ?

Ketika anak menginginkan sesuatu, ia akan menunjuknya. Ini adalah tanda yang jelas bahwa ia ingin berkomunikasi dengan Anda.

2. Apakah ia tampak memahami apa yang Anda katakan?

Biasanya anak-anak lebih dulumampu memahami bahasadaripadaberbicara. Jika anak Anda terlihat banyakmemahamikata-kata yang diucapkanorang-orang di sekitarnya,sebenarnya saat itu ia sedangdalam perjalanan untuk berbicara.

Ketika Anda membacakancerita,iadapat mengenali dan menunjukkangambardalam buku jika Anda meminta.Ia juga menikmati sajak dan mencoba bergabung ketika Anda bernyanyi.Ketika Anda memberi perintah atau instruksi sederhana, seperti, “Ayo, masukkan kembali mainanmu ke dalam boksnya,” anak melakukannya dengan benar.

“Itu berarti iamengerti banyak kata-kata tunggal dan mungkin beberapa frase dua kata. Di sisi lain, anakmungkinmengerti kata-kata Anda darigerakantubuhyang Anda buat,” kata Sunita.

3. Apakah anak Anda menggunakan gerak tubuh dan ekspresi wajah saat berkomunikasi?

Banyak anak mengkomunikasikan apa yang mereka butuhkansecaranonverbal, dan bahkan kebanyakan balita mengembangkan sejumlah sinyal nonverbalnya.Hingga usia mereka24 bulan,terus usahakan agaranak membuat beberapa usaha untukmauberkomunikasi.

4. Apakah anak Anda mendengus sebagai ganti percakapan ?

Penelitianterbaru menunjukkan,dengusan kecil balitayang dilakukannyasambil menunjuk ke gambar atau bermain dengan mainan yang sebenarnya semacam komentar. Anak-anak yang belum berbicaraseperti inilebih mungkin didiagnosis dengan keterlambatan bahasa.




berawan com lo ngerti gak dia ngomong apa pura pura ngerti aja bro





0 komentar:

Post a Comment