Wednesday, November 5, 2014


KERJA KERAS ORANG TUA ADALAH SEMANGAT KU

Sobat, saya mau berbagi pengalaman hidup.Meski saat ini saya bukan orang yang telah sukes dalam materi namun saya pernah mengalami sesuatu yang sangat berharga yaitu pengalan hidup dari lahir sampai sekarang.Bukan jalan yang mudah untuk menggapai seperti sekarang ini,namun tekat untuk maju dan semangat pantang menyerah adalah awal dari keberhasilan.Keterbatasan bukan penghalang untuk berkarya dan menggapai masa depan karena banyak orang yang punya materijika tidak bisa memanfaatkan dengan baik  maka akan sia-sia,namun berbeda dari orang yang berjuang dari segumpil keterbatasan maka mereka akan berusaha untuk maju dan tidak akan terpatok pada keadaan itu sehingga akan memberi sugesti penyemangat untuk mencapai mimpi yang mereka idam kan.

         Ini adalah pengalaman hidup saya, yang berjuang dari nol bersama keuarga kecil nan sederhana, hanya dengan bermodal semangat dan keyakinan.Ayah saya pernah berpesan bahwa meski berasal dari orang kecil dan dari desa saya harus maju dan bisa setara dengan orang yang berpengalaman.Itu  salah satu pesan dari ayah saya dan masih banyak pesan-pesan lain yang sangat menginpirasi sebagai semangat saya untuk masa depan.

          Nama saya sopian, saya berasal dari salah satu desa di trenggalek jawa timur,dan saya anak tunggal ,saat ini saya belajar di perguruan tinggi swasta di daerah malang yaitu salah satu universitas terkenal di Indonesia bahkan Internasional. Dari dulu kuliah adalah salah satu mimpi yang saya idam-idam kan dari kecil namun dilihat ekonomi keluarga saat itu mustahil bisa melanjutkan kuliah.

          Banyak yang malu akan kemiskinan dan ada yang menyesal dengan keadaannya saat ini,namun bagi saya dilahirkan didesa dan dengan keterbatasan tidak membuat saya malu namun saya malah bangga karena dilahirkan di keadaan seperti itu,karena membuat saya mandiri dan mengeti aan arti dari kehidupan.Kehidupan yang tak semudah seperti yang dipikirkan namun kehidupan yang perlu akan perjuangan,keiklasan,ketabahan dan semangat.

          Dulu saya pernah diceritakan oleh kedua orang tua saya tentang berat nya mengarungi kehidupan semasa saya lahir sampai saya SD. Yaitu susah payahnya mereka memperjuangkan bagaimana saya harus hidup, karena saya saat lahir pernah mengalami salah satu penyakit yang sangat mengawatirkan yaitu step(kejang)yang setiap hari bahkan sehari hampir 10 kali kambuh,sehingga saya sering dibawa ke pukesmas karena saat itu masih jarang rumah sakit itu pun dengan jalan kaki. Mereka seharian rela menahan lapar bahkan tidak makan, ibu saya menunggui saya di pukesmas dan ayah saya dirumah memikirkan bagaimana cara mencari uang, di saat itu kami benar-benar tidak ada uang dan harta untuk biaya obat saya ,hanya mempunyai rumah yang sederhana. Demi melihat saya hidup rumah satu itu akirnya dijual dengan harga yang begitu murah,sehingga saat kami pulang bukan senang atau nyaman yang di dapat ,namun kami tidur di kandang kambing.Belum sampai disitu kesusahan yang kami alami yaitu saat saya mau menganjak SD ekonomi belum juga bagus namun untuk awal masuk ayah dan ibu saya meminta pinjaman dari tetangga. Meringankan beban yang orang tua ada saat saya sudah bisa berpikir yaitu saat kelas 5 SD saya berpikir bagaimana saya bisa mendapatkan biasiswa agar dapat sekolah dengan keringanan dan bisa membuat orang tua saya bangga meski tidak seberapa.

         Berawal dari itu akirnya saya benar saat kelas 5 SD semester dua saya di gratiskan untuk sampai lulus SD.Namun saat mau lulus gimana saya bilang kepada orang tua saya untuk meneruskan ke SMP, banyak tetangga yang meremehkan apa orang semiskin kami bisa sekolah sampai SMP,belum tau biasa atau tidak saat ditanya guru siapa yang mau melanjutkan ke SMP saya angkat tangan.Akirnya saya bilang ke ayah kalau saya suruh untuk membiayai saat masuk saja namun untuk berikutnya saya yang berusaha,setelah lulus saya langsung daftar dan bisa masuk saat seleksi,satu semester berjalan saya berusaha dengan baik agar mendapat biasiswa sehingga saya dapat peringkat 1 dan disusul taun-tahun berikutnya. Dengan itu saya dapat lulus sapai kelas 3 SMP tanpa biaya.Saat SMA mau pendaftaran masuk lagi masih bingung lagi bagaimana cara melanjutkan tanpa uang yang cukup karena sekolah nya yang masih baru maka biaya nya cukup mahal.Namun ayah saya bilang” kalau saya harus melanjutkan ,untuk biaya jangan dipirkirkan konsentrasi pada belajar”itu yang beliau katakan namun saya tidak mau membebankan pada orang tua saya yang telah berkorban sebanyak itu saat memperjuangkan saya hidup yang efek nya masih dirasakan sampai saat ini.Saya minta bantuan pada sekolah guna pengajuan siswa tidak mampu,dan pihak sekolah bilang kalau saya harus bisa berprestasi dalam bidang tertentu,sehingga mau tidak mau harus menunggu sampai semestr 2.Alhamdulillah doa dan harapan saya terkabul,saya mendapat kan biasiswa untuk siswa yang tidak mampu guna gratis SPP dan di tambah biasiswa super smart sampai lulus.Itu adalah perjuangan yang sangat luar biasa yang saya alami mulai lahir dan sampai dewasa.Saat ini dengan bermodal keterbatasan itu maka saya bisa setengah menggapai mimpi yang saya ingin kan.Selain itu alasan saya bisa di sini karena orang yang begitu saya banggakan yakin  dan selalu mendukung saya,dan saya bernah berjanji pada diri saya kalau tidak akan membuat mereka sedih,kesusahan masalalu mereka adalah penyemangat saya utuk bisa bangkit membawa mereka ke atas kebahagiaan.

         Sobat,setiap hidup pasti ada rintangan setiap jalan pasti ada lubang tinggal bagaimana kita bisa melewati itu semua.Kesuksesan datang dari sesuatu yang kecil,sesuatu kesuksesan itu butuh proses jadi jangan takut untuk melangkah karena langkah terakir itu berasal dari langkah pertama.

        Guru saya saat SMA pernah berkata kalau dipadang pasir yang kering dan tandus kita minta bunga mawar yang cantik  maka di beri kaktus berduri,kita minta kupu-kupu di beri ulat,apa kita tau dibalik itu semua ada hal yang tidak kita duga.Dari kaktus berduri tadi suatu saat akan tumbuh bunga yang indah dan dari ulat tadi akirnya akan keluar kupu-kupu yang begitu indah.Itulah jalan Allah yang telah merencanakan sesuatu dibalik kesulitan  pasti ada hal yang begitu luarbiasa kemudian hari.Jadi jangan menyerah dengan keadaan yang sobat alami terus semangat dan yakinlah kalau sobat adalah salah satu generasi yang didambakan di masa depan.


sumber : inspirasi co


berawan com orang tua kerja keras sementara di otak anak tinggal minta blackberry tablet dan behel





0 komentar:

Post a Comment